www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
One Gate System di Perumahan, Manfaat hingga Teknologinya
Selasa, 05 Desember 2023 - 13:46:08 WIB
TERKAIT:
   
 

(BABADNEWS)-Banyak kawasan perumahan elit di kota-kota besar seperti perumahan cluster atau town house saat ini sudah menerapkan sistem keamanan terpadu satu pintu dilengkapi teknologi canggih.

Guna melengkapi sistem keamanan di area perumahan, one gate system biasanya juga dilengkapi dengan kelengkapan keamanan lainnya seperti CCTV hingga palang otomatis yang bisa mendata siapa saja orang yang keluar masuk kawasan.

Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah terjadinya aksi kriminalis, terutama pencurian dan perampokan di kawasan perumahan tersebut.
Keuntungan One Gate System

Mengutip Pinhome, Senin (4/12/2023), ada sejumlah keuntungan kompleks perumahan yang menerapkan one gate system.
Mencegah Aksi Kriminalitas

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, peluang terjadinya kriminalitas menjadi lebih minim dengan diterapkannya sistem satu gerbang pada sebuah perumahan.

Sebab, perumahan yang menggunakan sistem ini tidak memiliki akses keluar masuk lain selain pintu utama. Artinya, seluruh kendaraan dan orang yang masuk ke dalam komplek berada dalam pengawasan petugas keamanan.
Memberikan Keamanan Penghuninya

Memilih hunian yang berada di area sistem satu gerbang akan memberikan keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas. Anda bisa dengan tenang menjalankan berbagai macam kegiatan seperti olahraga pagi maupun bersantai di taman komplek.

Kamu nggak perlu khawatir membiarkan buah hati bermain di ruang terbuka yang ada di dalam perumahan.
Tidak Menjadi Jalur Alternatif

Pins tentu banyak menemukan perumahan yang menjadi jalur alternatif untuk keluar masuknya orang di luar penghuni dan kendaraan lainnya.

Biasanya, perumahan skala besar yang tidak memiliki sistem satu pintu biasanya memiliki beberapa gerbang untuk menghubungkan antar jalan raya. Kondisi ini akan dimanfaatkan kendaraan non penghuni sebagai akses alternatif untuk menghemat waktu tempuh.

Bahkan pada kasus yang lebih parah, akses dalam perumahan akan turut terkena imbas jalanan yang macet, karena menghubungkan dua jalan raya lainnya.
Lingkungan Jadi Lebih Nyaman

Semakin sedikitnya kendaraan yang diperbolehkan berlalu lalang membuat perumahan menjadi lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Bahkan, Kamu juga nggak perlu takut meninggalkan anak-anak bermain di luar rumah selama masih berada id dalam komplek. Sebab, di perumahan dengan one gate system, ruang gerak anak yang lebih aman karena kemungkinan mereka berpapasan dengan sembarang orang juga semakin kecil.
Teknologi pada One Gate System Perumahan

CEO PT Zona Teknologi Indonesia Dewi Mulyani mengatakan sistem pengamanan One Gate System biasanya terdiri dari satu atau gabungan dari sejumlah perangkat.

Perangkat biasanya berupa hardware berupa palang pintu (barrier gate), kartu akses, serta perangkat lainnya yang sudah terintegrasi dengan software atau aplikasi.

Zona Teknologi Indonesia sebagai salah satu vendor sistem keamanan belum lama ini merilis produk barrier gate canggih terbarunya.

Produk tersebut dinamakan ZCluster, hasil kolaborasi antara dua brand yakni Barrier Gate merk IXHA dengan Aplikasi ZSoft, yang keduanya diproduksi oleh Zona Teknologi Indonesia.

Dewi menerangkan ZCluster merupakan perangkat one gate solution yang memiliki banyak sekali fitur di dalamnya. Di antaranya sistem data warga/penghuni yang dilengkapi sistem informasi pemasukan pendapatan dari Iuran bulanan warga.

Selain itu ada voice greeting dan voice peringatan saat jatuh tempo pembayaran IPL.

"Tidak kalah menariknya ada fungsi buku tamu, yang mana tamu jika berkunjung ke kluster perumahan tersebut wajib di ambil foto ktp-nya serta keperluannya apa dan tujuan kemana selain itu ada pembatasan waktu berkunjung tamu," terangnya.

Fungsi lainnya dari ZCluster adalah fungsi pemindaian otomatis foto saat kartu di dekatkan ke tiang reader. Hal ini akan menambah keamanan karena siapa pun yang keluar masuk kawasan perumahan akan terdeteksi melalui info lengkap foto kendaraan dan wajah.

Kartu akses perumahan juga bisa dibuat opsi kartu utama dan kartu tambahan, di mana fungsi kartu tambahan mengikuti kartu utama. Apabila kartu utama terblokir karena telat bayar iuran, maka kartu tambahan juga ikut terblokir.

"Jadi, dengan fitur tersebut yang membuat produk ZCluster banyak diminati, apalagi ditunjang dengan kapasitas user unlimited serta kapasitas transaksi in out yang juga unlimited," jelas Dini.

Dewi menjelaskan, walau terbilang masih baru, ternyata produk ini sudah dipakai di banyak cluster perumahan serta pengembang terkenal seperti kawasan Metropolitan Land, Jaya Property, Agung Podomoro, Lippo dan Sinar Mas Land. Selain itu, ZCluster juga banyak diterapkan di sejumlah town house atau kawasan cluster perumahan yang dikelola langsung oleh warga.

"Sudah lebih dari 1.000 cluster perumahan menggunakan produk tersebut, yang mana ini sepertinya cukup membuktikan produk tersebut sangat diminati," ujarnya.

Mengenai harga, Dewi menjelaskan bahwa paket barrier gate ZCluster dibanderol mulai harga Rp 10 juta untuk tipe paling murah sampai harga Rp40 jutaan untuk tipe paling mahal. "Harga tersebut sudah termasuk dengan pemasangan, dan sangat sebanding dengan segudang fitur yang ditawarkan," pungkasnya.

Baca artikel detikproperti, "One Gate System di Perumahan, Manfaat hingga Teknologinya" selengkapnya https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-7070437/one-gate-system-di-perumahan-manfaat-hingga-teknologinya.

Sumber : Detik.com




 
Berita Lainnya :
  • Viral di Medsos Ada Oknum Kepolisian yang Kerap Lakukan Penipuan Terhadap Masyarakat
  • Pria di Kuansing Nekat Curi Sawit 1,3 Ton Milik PT Karaya Tama Bakti Mulia
  • Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS pada Perdagangan Pagi ini Menguat
  • Pilkada Serentak 2024 Semakin Menarik Dengan Munculnya Sejumlah Anggota Legislatif
  • KPU Meranti Belum Gelar Pleno Penetapan Dewan Terpilih, Karena Ada Gugatan yang Dilayangkan ke MK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    9 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
    10 Putus Mata Rantai Covid-19,
    Tiga Pilar Kelurahan Bencah Lesung Semprot Disinfektan Pemukiman Warga RT 02 RW 01
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers