www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Mahasiswa MNP Praktik Jadi EO Profesional di Pekantara 2023
Senin, 11 Desember 2023 - 11:55:28 WIB
TERKAIT:
   
 

(BABADNEWS)-Mahasiswa Program Studi Event Management Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) kembali menjadi Event Organizer (EO) Pekan Kreativitas Nusantara (Pekantara) 2023. Pekantara 2023 merupakan kolaborasi Studi Humaniora Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan Program Studi Event MNP yang diselenggarakan di P.K. Ojong-Jakob Oetama Tower, UMN, Gading Serpong, Tangerang.

Seluruh rangkaian acara Pekantara berlangsung pada 6-12 Desember 2023 dengan tema 'Cerdas Berkarakter Menuju Indonesia Emas'. Tema tersebut diusung dengan tujuan meningkatkan semangat kebangsaan melalui berbagai rangkaian acara, mulai dari talk show bertema kebangsaan, hingga pameran UMKM.

Selain itu, ada juga kompetisi yang bisa diikuti oleh masyarakat umum, yakni MLBB Competition (Esports) untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah.


Proyek Nyata, Tingkatkan Pengalaman Mahasiswa

Sebagian ide dan operasional dari penyelenggaraan Pekantara 2023 diinisiasi dan diimplementasikan oleh mahasiswa Event Management MNP. Acara ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran berbasis proyek nyata atau Immersive Learning Experience yang diterapkan MNP.

Banyak manfaat dan kesan positif yang didapatkan karena mahasiswa dilibatkan sejak tahap perencanaan, implementasi, hingga evaluasi.

"Pekantara 2023 terasa sekali bisa mempererat Mahasiswa Event Management semester 1 dan semester 3 dalam hal komunikasi. Juga kita bisa saling bahu-membahu dalam menyusun persiapan hingga akhir kegiatan Pekantara 2023," ujar mahasiswa semester 1 Event Management MNP Octavianus Felix, Minggu (10/12/2023).

Sementara itu, dosen Program Studi Event Management MNP Liza Khairunnisa Gultom mengatakan proyek ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Proses pembelajaran melalui praktik menjadi salah satu keunggulan MNP sebagai perguruan tinggi vokasi, sehingga project seperti ini akan sering diimplementasikan.

"Mereka bisa mendapatkan pengalaman yang mendukung aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Ini menjadi bagian dari project based learning untuk mata kuliah Event Sponsorship dan Public Relations," ungkap Liza.

Pekantara 2023 tidak hanya menghadirkan acara-acara kreatif, tetapi juga menawarkan wawasan mendalam melalui pembicara inspiratif yang membahas topik terkini. Ada lebih dari dua ribu mahasiswa UMN yang turut meramaikan dan memeriahkan acara ini.

Selain itu, Pekantara 2023 juga mengundang partisipasi masyarakat umum melalui keikutsertaan booth bazar UMKM yang diharapkan dapat menjadi wadah inspirasi dan promosi bagi pelaku usaha kreatif.

Sebagai semangat kebangsaan, Pekantara 2023 menetapkan dresscode batik, kebaya, dan pakaian daerah untuk menciptakan nuansa yang kental dengan nilai-nilai Indonesia. Seminar dan talk show yang diadakan setiap harinya juga memiliki topik untuk memperkuat kreativitas dan semangat kebangsaan mahasiswa.

Selain itu, perlombaan yang diusung tak terlepas dari tema yang diangkat, dengan menggabungkan teknologi sebagai representasi kemajuan bangsa.

Baca artikel detikedu, "Mahasiswa MNP Praktik Jadi EO Profesional di Pekantara 2023".

Sumber : Detik.com




 
Berita Lainnya :
  • Universitas Menangkis Kenaikan Biaya Kuliah: Kemenangan bagi Mahasiswa
  • Unisi Pilih BRK Syariah untuk Transaksi Biaya Pendidikan Mahasiswa dan Penerimaan Pembayaran
  • Kembali Maju Pilkada Meranti, Plt Bupati Asmar Daftar ke Semua Parpol
  • Termasuk Riau, Sore Ini 19 Hotspot Menyala di Sumatera
  • Unisi Pindahkan Biaya Pendidikan Mahasiswa dan Penerimaan Pembayaran ke Bank Riau Kepri Syariah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    9 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers