www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
MasyaAllah! 7 Buah-Buahan yang Berasal dari Surga Ada di Dunia
Senin, 04 Maret 2024 - 13:20:03 WIB
TERKAIT:
   
 

(BABADNEWS) - Al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat Islam yang di dalamnya mengandung petunjuk dari Allah SWT. Di dalam Al-Qur'an juga tercatat banyak ilmu pengetahuan, termasuk buah-buahan yang ada di surga.

Buah-buahan yang tercatat dalam Al-Qur'an terbukti memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi tubuh. Bahkan ada nama buah yang dijadikan nama surat.

Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga termasuk dalam sunnah Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi. Serta menjadi rahasia kecantikan Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW.
 

Mengutip dari buku Surga dan Neraka oleh Prof. Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar, pepohonan di surga itu banyak, bagus dan bermacam-macam. Allah SWT telah memberitakan dalam Al-Qur'an jika di surga ada pohon-pohonnya buah berikut ini.
1. Kurma
Raw Organic Medjool Dates Ready to EatBuah kurma (Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2)

Sebagaimana diketahui jika buah kurma memiliki segudang manfaat. Ternyata kurma disebutkan sebanyak 20 kali di dalam Al-Qur'an.

Beberapa surat tersebut antara lain; Maryam, Ar-Rad, Al Baqarah, Qaaf dan Al Hasyr. Sedangkan dalam surat Ar-Rahman ayat 68 termaktub,

فِيۡهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخۡلٌ وَّرُمَّانٌۚ‏

Artinya: Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima.

Ada kandungan antioksidan di dalam kurma berupa flavonoid. Mengonsumsinya dapat mengatasi risiko diabetes, kanker dan alzheimer. Makan kurma juga menjadi rahasia sehat Rasulullah SAW.
2. Zaitun
Kurdish farmers press this year's olive crop to extract olive oil coming from the villages of Afrin countryside in northwestern Syria, where Afrin is famous in Aleppo countryside for the best olive oil in the world and is exported from it to Europe, the Gulf states and Turkey, on october 23, 2022. (Photo by Rami Alsayed/NurPhoto via Getty Images)Buah zaitun (Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)

Buah zaitun menjadi buah yang juga disebutkan berkali-kali di dalam Al-Qur'an. Surat-surat yang membahas tentang buah zaitun meliputi Al-An'am, An-Nur, An-Nahl, Al-Mu'minun, dan Abasa.

يُنْۢبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُوْنَ وَالنَّخِيْلَ وَالْاَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untukmu tumbuh-tumbuhan, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. (QS. An-Nahl: 11)

Buah zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kulit. Rasulullah SAW pernah menyarankan istrinya untuk menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat. Minyak zaitun bahkan menjadi kunci awet mudanya Aisyah, istri Rasulullah SAW.
3. Delima
Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind. Shot with shallow focus on sliced fruit.Buah delima (Foto: Getty Images/pjohnson1)

Buah delima disebutkan sebanyak tiga kali di dalam Al-Qur'an. Dalam surat Al-An'am ayat 99, dikatakan bahwa buah delima punya keterikatan antara surga dan anugerah dari Allah SWT.

السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Artinya: Dialah yang menurunkan air dari langit lalu dengannya Kami menumbuhkan segala macam tumbuhan. Maka, darinya Kami mengeluarkan tanaman yang menghijau. Darinya Kami mengeluarkan butir yang bertumpuk (banyak). Dari mayang kurma (mengurai) tangkai-tangkai yang menjuntai. (Kami menumbuhkan) kebun-kebun anggur. (Kami menumbuhkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah dan menjadi masak. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman.

Di dalam buah delima terkandung banyak antioksidan jenis flavonoid. Antioksidan tersebut dapat efektif menangkal berbagai radikal kanker. Bukan hanya itu, mengonsumsi delima juga dapat membantu menjaga keseimbangan kalium dan natrium dalam tubuh.
Baca juga:
Pakaian Pertama Nabi Adam dan Hawa ketika Diturunkan ke Bumi
4. Anggur
Anggur Shine MuscatAnggur Shine Muscat (Foto: Getty Images/iStockphoto/flyingv43)

Anggur adalah salah satu buah kuno yang tercatat sudah ada sejak zaman Nabi Nuh AS. Buah anggur termaktub dan disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali.

Surat Al-Muminun ayat 19 menjadi salah satu surat yang membahas tentang anggur. Berikut isi dari surat tersebut:

فَاَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍۘ لَكُمْ فِيْهَا فَوَاكِهُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَۙ

Artinya: Lalu, dengan (air) itu Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur. Di sana kamu mendapatkan buah-buahan yang banyak dan dari sebagiannya itu kamu makan.

Anggur kaya akan mineral berupa zat besi dan gula. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatur sistem pencernaan dan meningkatkan produksi darah.
5. Pisang
kulit pisangBuah pisang (Foto: iStock)

Banyak yang menganggap jika pisang hanyalah buah biasa. Namun, siapa sangka jika buah pisang disebut-sebut sebagai buah surga.

Pisang tercatat di dalam Al-Qur'an tepatnya pada surat Al-Waqiah ayat 29. Berikut isi dari surat tersebut:

وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ

Artinya: pohon pisang yang (buahnya) bersusun-susun,

Di dalam buah pisang terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi, vitamin, dan antioksidan. Pisang sering dijadikan alternatif makanan saat diet.
6. Tin
Roti Panggang Buah TinBuah tin (Foto: iStock)

Siapa yang tidak mengetahui buah tin, sebab namanya dijadikan nama surat dalam Al-Qur'an yaitu surat At-Tin. Dan namanya disebutkan dalam surat itu pada ayat pertama.

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Buah ini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu, buah tin juga rendah kalori dan kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.
7. Labu
Antusias Anak-anak di Inggris Panen Labu Jelang HalloweenBuah labu (Foto: Getty Images/Dan Kitwood)

Nama buah labu tidak banyak disebutkan di dalam Al-Qur'an seperti halnya buah-buah yang lain. Salah satu surat yang membahas mengenai buah labu adalah surat As-Saffat ayat 146 sebagai berikut:

وَاَنْۢبَتْنَا عَلَيْهِ شَجَرَةً مِّنْ يَّقْطِيْنٍۚ

Artinya: Kami kemudian menumbuhkan tanaman sejenis labu untuknya.

Labu kaya akan kandungan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, potasium juga bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah Vena dan arteri sehingga tekanan darah pun dapat stabil.

Wallahu a'lam.

Sumber: Detik.com




 
Berita Lainnya :
  • Tanda-tanda Allah SWT Menaikkan Derajat Seseorang
  • Ketua KPU Riau Tegaskan Pentingnya Penguatan Kelembagaan dalam Pilkada Serentak 2024
  • Panglima Militer Israel Diperkirakan Akan Mengundurkan Diri, Gagal Taklukkan Hamas dan Iran
  • Aparat Kepolisian Berhasil Amankan Pelaku Pembunuhan Wanita Tanpa Busana di Kampar
  • Pria di Kuansing Diamankan Polisi, Terkait Dugaan Tindak Pidana Perjudian Online Jenis Togel
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai Bangun Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    9 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
    10 Putus Mata Rantai Covid-19,
    Tiga Pilar Kelurahan Bencah Lesung Semprot Disinfektan Pemukiman Warga RT 02 RW 01
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers