www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Diduga Bakar Lahan Seorang Pria Diamankan Polsek Bangko
Sabtu, 23 Maret 2024 - 11:35:11 WIB
TERKAIT:
   
 

BANGKOPUSAKO (BABADNEWS) - Diduga bakar lahan, seorang pria berinisial EN (46) warga jalan Melati, Dusun Harapan Jaya, Kepenghuluan Sungai Menasib Kecamatan Bangko pusako Kabupaten Rokan Hilir berhasil dibekuk tim Reskrim Polsek Bangko Pusako, Rabu (20/3/2024).

Kapolres Rokan Hilir AKBP Ardian Pramudianto, SH SIk, M.Si saat di konfirmasi Riauterkini.com Jumat (22/3/2024) melalui Kapolsek Bangko Pusako Iptu Awi Ruben, SH didampingi Ps Kanit Reskrim Bripka Sopandra Sianturi membenarkan hal tersebut.

Sopandra Sianturi menjelaskan, kronologi bermula Rabu (20/3/2024) sekitar pukul 08.00 WIB saat Bhabinkamtibmas Sei Menasib mendapat informasi terdapat titik hotspot di Ddashboard Lancang Kuning, kemudian sekira pukul 13.34 WIB Bhabinkamtibmas beserta Babinsa melakukan verifikasi di titik koordinat tersebut dan melihat adanya kebakaran lahan di Jalan SP42B RT 10/ RW 06 Dusun Harapan Jaya, dengan titik koordinat 1.77591,100.83805.

Didapat informasi lahan tersebut diduga sengaja dibakar oleh pelaku. Bhabinkamtibmas melaporkan kejadian tersebut kepada Kapolsek Bangko Pusako Iptu Awi Ruben, SH yang selanjutnya memerintahkan Ps. Kanit Reskrim Bripka Sopandra Sianturi melakukan penyelidikan.

Unit Reskrim melakukan serangkaian penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara. Berdasarkan keterangan saksi-saksi dan pengakuan pelaku EN, lahan tersebut miliknya dan sengaja dibakar pada Senin 18 Maret 2024 sekira pukul 09.00 WIB dengan cara membawa potongan ban dari rumahnya. Selanjutnya iamengumpulkan ranting dan semak yang kering dan menempatkannya di semak belukar kemudian membakar dengan menggunakan korek mancis dan setelah api hidup pelaku membiarkan api membesar dan akhirnya melebar. Sekira pukul 14.00 WIB pelaku berupaya memadamkannya namun dikarenakan api makin melebar dan membesar pelaku akhirnya pulang ke rumah.

Selanjutnya pada Selasa 19 Maret 2024 pelaku sempat berupaya mencari mesin air namun tidak berhasil. Ia memutuskan tidak jadi masuk ke lahan untuk mengecek kebakaran tersebut dan pada hari Rabu 20 Maret 2024 pelaku kembali ke lahan miliknya dan melihat api sudah melebar ke lahan sempadannya yaitu lahan milik Rinto Rumapea. Atas kejadian tersebut lahan yang terbakar sampai saat ini luasnya lebih kurang 3 Ha.

Setelah mengumpulkan barang bukti dan mengamankan pelaku, didapat pengakuan EN bahwa bena ia membakar untuk membersihkan lahan tersebut guna menanam kelapa sawit. "Setelah itu Unit Reskrim membawa pelaku dan barang bukti ke Polsek Bangko Pusako untuk dilakukan pengusut lanjut," pungkas Kanit Reskrim Sopandra Sianturi.**(Budi)

Sumber: Riauterkini.com




 
Berita Lainnya :
  • PTPN IV Regional III Ikuti Tepung Tawar Melihat Lonjakan Calon Haji 108 Jemaah
  • Hujan Tak Terduga Menunda Musim Panas yang Terik Siaga Warga Menghadapi Banjir
  • Bupati Kuansing Serahkan LKPj 2023 ke DPRD Kuansing
  • Kekuatan BPBD Riau Tumbuh, Pusat Tawarkan Bantuan Satu Helikopter
  • Harapan Baru Riau: Abdul Wahid Gabung PDIP di Tengah Cuaca Tak Menentu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    9 Putus Mata Rantai Covid-19,
    Tiga Pilar Kelurahan Bencah Lesung Semprot Disinfektan Pemukiman Warga RT 02 RW 01
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers