www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
RAPP Gelar Orientasi Keterampilan Kader Posyandu, Upaya Turunkan Stunting
Rabu, 08 Mei 2024 - 14:02:16 WIB
TERKAIT:
   
 

PANGKALAN KERINCI (BABADNEWS) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten, menggelar Orientasi 25 Keterampilan Kader Posyandu secara pararel di tiga tempat.

Pelatihan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kapasitas para kader Posyandu ini berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (7-8/5/2024).

Kegiatan digelar di Community Development (CD) Center RAPP Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, di Kecamatan Lubuk Dalam, serta di Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak.

Pelatihan ini sebagai salah satu upaya nyata CD RAPP bersama fasilitator kesehatan kabupaten dalam pengembangan masyarakat dengan mendorong pelaksanaan Program Kesehatan dan Gizi Ibu dan Anak (Maternal and Child Health and Nutrition Program). Juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kader Posyandu sebagai penggerak, penyuluh, dan pencatatan untuk mampu memberikan pelayanan yang lebih prima.

25 Keterampilan Kader Posyandu meliputi keterampilan pengelolaan Posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil dan menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja, keterampilan usia produktif dan lansia. Hal ini selaras dengan target dari Kementerian Kesehatan yang saat ini sedang melaksanakan Transformasi Layanan Kesehatan Primer, yaitu dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary Health Care).

CD Head RAPP, Ferdinand Leohansen Simatupang menyebutkan, pelatihan ini dilaksanakan bukan semata-mata untuk membina kader Posyandu, tetapi sebagai salah satu langkah bersama dalam upaya penurunan stunting. Dengan orientasi ini diharapkan para kader Posyandu dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk kita turut memperluas cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga seluruh siklus hidup dapat dilayani oleh Posyandu, mulai dari memperhatikan kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan, bayi/balita, dan memperhatikan kesehatan lansia,” jelasnya, Rabu (7/5/2024).

Upaya penurunan stunting merupakan salah satu fokus pemerintah dalam pembangunan di bidang kesehatan, yang seiring dengan komitmen APRIL2030 pada pilar kemajuan inklusif.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Yulda Santi S.Km menyampaikan apresiasi kepada tim CD RAPP yang telah menggelar pelatihan untuk para kader Posyandu di Pelalawan.

“Saya selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan mengucapkan terimakasih kepada CD PT RAPP karena telah menyelenggarakan pelatihan 25 keterampilan kader dan telah membantu kami dalam membina kader-kader Posyandu. Kami berharap para kader Posyandu dapat menerima pelatihan dengan baik sehingga dapat mengimplementasikannya pada setiap kegiatan di Posyandu,” harapnya.

Maryuligustin, salah satu kader Posyandu Srikandi, Pelalawan, mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan bersama kader lainnya.

"Kami merasa bangga atas perhatian yang diberikan oleh RAPP, karena telah membantu dan memberikan pelatihan kecakapan kader. Kami berharap dapat dibimbing dan dibina dengan berkelanjutan, agar kami semakin kompeten dan efektif dalam menjalankan tugas meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bayi dan lansia,” ungkapnya.

Pelatihan ini diikuti 88 orang kader dari 44 Posyandu di dua kabupaten, dengan rincian untuk Kabupaten Pelalawan 36 orang kader. Kemudian di Siak diikuti 24 orang kader dari 12 Posyandu Kecamatan Lubuk Dalam, serta 28 orang kader dari 14 Posyandu Kecamatan Sungai Mandau.

Sumber: Cakaplah.com




 
Berita Lainnya :
  • Universitas Menangkis Kenaikan Biaya Kuliah: Kemenangan bagi Mahasiswa
  • Unisi Pilih BRK Syariah untuk Transaksi Biaya Pendidikan Mahasiswa dan Penerimaan Pembayaran
  • Kembali Maju Pilkada Meranti, Plt Bupati Asmar Daftar ke Semua Parpol
  • Termasuk Riau, Sore Ini 19 Hotspot Menyala di Sumatera
  • Unisi Pindahkan Biaya Pendidikan Mahasiswa dan Penerimaan Pembayaran ke Bank Riau Kepri Syariah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    9 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers