www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Unri Segera Hubungi Mahasiswa Baru untuk Pengembalian Uang Kelebihan Pembayaran UKT
Kamis, 30 Mei 2024 - 11:40:57 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (BABADNEWS) -- Universitas Riau (Unri) sudah mengajukan lagi tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) tanpa kenaikan (kembali ke tarif sebelumnya) kepada Kemendikbudristek, sesuai dengan apa yang diminta oleh Kemendikbudristek berdasarkan Surat Dirjen Diktiristek No 0511/E/PR.07.04/2024 tanggal 27 Mei 2024 yang diterbitkan menyusul keputusan menteri terkait pembatalan kenaikan UKT.

Hal itu diungkapkan oleh Staf Khusus Bidang Komunikasi Universitas Riau Ridar Hendri kepada Riaupos.co, Rabu (29/5/2024) malam, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya. Ia mengatakan, setelah Kemendikbudristek meminta pembatalan, tentunya Unri segera melakukan pengembalian kelebihan pembayaran, atau dilakukan penyesuaian perhitungan pembayaran UKT untuk semester berikutnya.

Kemudian, bagi mahasiswa baru yang sudah diterima namun belum mendaftar ulang, atau sudah mengundurkan diri, pihak Unri akan memanggil lagi atau memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendaftar ulang.

"Itu arahan dari Kemendikbudristek melalui Dirjen Diktiristek. Tetapi kan saat ini kami belum bisa menghubungi mahasiswa baru tersebut karena masih menunggu surat rekomendasi tertulisnya atau persetujuannya dari Dirjen Diktiristek. Setelah adanya surat rekomendasi dari Dirjen Diktiristek tersebut, baru kami menghubungi mahasiswa tersebut," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, tetapi Dirjen memberi deadline (batas waktu) paling lambat 5 Juni 2024, Unri sebagaimana PTN/PTNBH lainnya, harus mengirimkan mengajukan lagi tarif UKT dan IPI tanpa kenaikan (kembali ke sebelumnya). Sekaligus mencabut rekomendasi tarif UKT dan IPI yang diajukan PTN sebelumnya.

"Kami sudah kirimkan itu, deadline kan dikasih sampai tanggal 5 Juni oleh Dirjen Diktiristek. Setelah itu nanti baru keluar rekomendasi yang baru lagi dari Kemendikbudristek. Setelah itu teknisnya tentu kami akan menghubungi mahasiswa baru tersebut, dan sekarang kami telah menginventarisir dan nomor telepon dan emailnya kan sudah ada tu. Tetapi kami belum menghubungi, karena masih menunggu surat rekomendasi tertulisnya dari Kemendikbudristek itu," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya berencana juga membuat posko pengaduan. Tujuan posko pengaduan tersebut adalah untuk memudahkan mahasiswa baru dalam proses pengembalian langsung, atau memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendaftar ulang.

"Jadi, ada dua yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek itu kepada mahasiswa ini, apakah mau dipulangkan pengembalian langsung atau dipotong setelah membayar uang kuliah. Sedangkan yang tidak daftar ulang karena sebelumnya mereka merasa uang kuliah tinggi, ya sesuai dengan instruksi dari Kemendikbudristek, ya mereka harus diterima lagi. Sekarang belum bisa kami lakukan karena belum ada rekomendasi tertulisnya dari Kemendikbudristek. Paling nanti tanggal 5 Juni itu lah rekomendasinya keluar, karena kan deadline-nya sampai tanggal 5 Juni itu," pungkasnya.

Sumber: Riaupos.com




 
Berita Lainnya :
  • Hari Ini Harga Emas Antam Anjlok
  • Pj Bupati Inhil Mediasi Perselisihan Petani dengan PT THIP
  • PBB: Pasukan Israel Adalah Salah Satu Tentara Paling Kriminal di Dunia!
  • 30 Polisi Diperiksa Propam Polda Sumbar Terkait Tewasnya Bocah 13 Tahun
  • Dua pengedar narkoba di Kuansing ditangkap ketika menunggu pelanggan di warung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    9 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers