www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Advertorial
Dideadline Pemko Pekanbaru Tuntaskan Penginputan Data P3DN, BPKAD Siapkan Tuntaskan
Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:15:45 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (BABADNEWS) - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dideadline atau diberi batas waktu hingga 5 September 2022 untuk menuntaskan penginputan data pelaksanaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H. Muhammad Jamil, M.Ag M.Si menyebutkan, dari rapat evaluasi pelaksanaan P3DN, Rencana Umum Pengadaan (RUP) dan percepatan e-Katalog, Senin (29/8), penginputan P3DN di seluruh OPD baru di angka 65 persen.

"(Penyebabnya) ternyata ada OPD yang belum paham menginputnya, kendala di SDM ada yang tidak tahu dan tidak mampu. Kemudian juga tidak tahu cara penginputannya," ungkap dia, Selasa (30/8).

Disampaikan Jamil, untuk percepatan penginputan data P3DN, OPD mesti menginput data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) terlebih dahulu.


"Karena penginputannya harus berdasar SIRUP juga. Kalau SIRUP-nya tidak diinput ke sistem, maka datanya (P3DN) juga tidak masuk. Jadi itu ada rentetannya, diinput dulu SIRUP-nya, baru penggunaan produk dalam negeri, dan ujungnya ke e-Katalog lokal," paparnya.

"Untuk e-Katalog lokal ini kan penyedia kita banyak, mereka harus menggunakan produk lokal untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan sesuai yang digaungkan oleh bapak presiden," ulas Jamil.

Khusus untuk data P3DN, Jamil memerintahkan ke seluruh OPD agar bisa menuntaskan penginputan sesuai batas waktu yang ditentukan. Ia berharap keterbatasan SDM tidak lagi dijadikan alasan oleh OPD.

"Jadi walaupun terkendala SDM seperti kasubag program dan keuangan itu hanya ada satu, tidak ada staf, saya tidak mau tau, tanggal 5 September sudah harus selesai semuanya. Minimal sudah 95 persen," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pekanbaru Hj. Yulianis M.Si menyebutkan, BPKAD termasuk salah satu OPD yang harus mengentry 100% penginputan data pelaksanaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Iya benar, BPKAD juga merupakan OPD yang harus mengentry 100% penginputan data pelaksanaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Dan intruksi yang disampaikan oleh Sekda segera dilaksanakan sesuai waktu yang telah diberikan hingga 5 September tersebut," sebutnya.

Dapat diketahui, P3DN merupakan kebijakan negara untuk memanfaatkan anggaran yang diperoleh dari rakyat, dari pengelolaan sumber daya yang dikuasai negara untuk dikelola kembali dalam bentuk pemberdayaan sektor ekonomi riil, yaitu sektor industri.(bnsc)




 
Berita Lainnya :
  • Dispora Pekanbaru Siapkan Bonus untuk Atlet Berprestasi di Porprov Kuansing
  • Program Bankeu RLH Riau di Pekanbaru Masih Tunggu Pencairan Tahap I
  • Oknum Pegawai BRI Tuanku Tambusai Pekanbaru Dipecat
  • Bantu Bawa KLA Utama, FW KLA Pekanbaru Bahas Program Kerja Tahun 2023
  • Anggota DPRD Riau Bersuara, Lebih Baik BLT Dihapus daripada Harga BBM Naik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Gantikan Wahyu Idris
    T Ardi Dwisasti Jabat Camat Bukit Raya
    2 UIN Suska Terbaik 4 Nasional Versi UniRank 2021, Khairunas: Ini Prestasi Bersama
    3 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    4 Camat dan Lurah Pantau PPKM Mikro RW 04 Tangkerang Timur
    5 Satgas Covid 19 Kecamatan Jemput Pasien Terpapar Untuk Isolasi di LPMP
    6 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    7 OJK Siapkan Aturan Baru Crowd Funding untuk UMKM
    8 HAUL ke-26 Ponpes MM Bandur Picak, Yurnalis Paparkan Keinginan Gubri Cetak Penghafal Qur'an
    9 Mantap ! Naomy Angelica dari Riau Raih Gelar Puteri Pendidikan Indonesia 2020
    10 1 ASN dan 2 Orang Tersngka, Polda Riau Sita 230.400 Batang Rokok Ilegal
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020 PT. BBMRiau Indo Pers